Cepat Matang dan Tidak Lengket

Magic jar itu tercipta untuk memudahkan menanak nasi. tapi saya menemukan masalah, sebaru-barunya tu magic jar, teteeep aja lengket. alhasil banyak nasi yang menjadi kerak dan terbuang percuma, oh, petani maafkan aku.. jadi.. apa yang salah?

dahulu kala, suatu ketika, ada ibu2 baik hati yang mengajari saya masak nasi supaya lebih cepat dan tidak lengket. iaitu…

masaklah nasi dengan air mendidih

kalau dirumuskan dengan reaksi fisika, saya menganalisis bahwa air panas menolak reaksi dari beras yang mau nempel2 ke dandang magic jar. kwkwkw.. sangat tidak ilmiah baik dari segi analisis maupun bahasanya. ^^

semoga yang belum tau info ini bisa bermanfaat..

atau memang cara masak di magic jar dari jaman tu magic jar masih jadi “proposal penelitian pembuatan magic jar” memang begitu ya? ah, maklum saya ga baca “manual”nya.

tapi yang jelas, kalo mau cepat matang dan tidak lengket jangan masak nasi pake air dingin, tp didihkan air dulu baru deh dimasak dengan beras dengan menekan tombol “cook”.

please,.. jangan pilih tombol yang “warm” ya.. sampe lebaran taun depan kayaknya ga bakal sukses jadi nasi deh. eh, tapi ga tau juga sih, belum pernah saya teliti sebelumnya. ehehe

namun begitu frens… rahasia yang paling utama jika ingin nasi tetap baik teksturnya, … matikan magic jar setelah nasi tanak, insya allah 2 hari tekstur masih baik. walaupun tidak hangat lagi. (jadi paragraf sebelumnya, tulisanmu yang panjang itu maksudnya apa duddeeee…) :p

 

Regards,

Dewi Ramdhania

Tumis Hati Jagung Putren

Resep dari mama, one of my fave..

Bahan:
5 pasang hati ayam, cuci hingga bersih, potong dadu
Jagung putren 250 gram (bilang ke abang2nya 1/4 aja gitu ya, lebih familiar), iris searah panjaang
Bumbu iris:
5 buah Cabe hijau
4 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat.

Minyak untuk menumis
Garam dan gula secukupnya.

How to make:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabe hijau dan tomat lalu masukkan jagung putren sampai agak layu.
Masukkan hati ayam, tambahkan garam dan gula secukupnya. Tutup wajan agar uap air dari jagung dan hati tidak menguap, tujuannya untuk mematangkan hati dan jagung (jadi, ga usah ditambah air ya..)
Aduk sesekali sampai hati matang. Hati2, jangan sampai gosong ya hatinya.. πŸ˜‰

Gampang kan?
Nyum2, jagung putren dan hati mmg perpaduan yang oke bgt..
Penampakannya blm bisa dimuat, lupa moto saking khidmatnya makan. Hehee..
Hava nice try.. πŸ˜‰

Kisah Tukang Roti dan Imam Hambali

Patutlah kita bersyukur kawan, dapat melihat wajah orang-orang masyhur hanya dengan menggerakkan jari-jari kita di keyboard/keypad saat ini. Sekali klik saja maka muncullah mereka pada layar dalam sekejap. Atau nyalakan tombol televisi. Pun 3000 rupiah untuk ditukar dengan koran. dan banyak lagi media. Alhamdulillah..

Dahulu, orang-orang masyhur mungkin hanya dikenal nama dan sebab kemasyhurannya saja ya.. Seperti para imam madzhab misalnya.. Tapi sungguh menakjubkan para muslim itu ya, ilmu berasal dari orang sholih yang tak pernah dijumpa olehnyapun insya allah sampai dan teraplilkasi..

Ada sebuah kisah penuh hikmah.. Sungguh mudah bagi Allah untuk mengabulkan do’a hambanya. Mohon maaf jika penyampaian tidak persis sama..

Suatu ketika, seorang Imam Hambali yang masyhur saat itu sedang dalam perjalanan. Beliau bermaksud untuk beristirahat di sebuah masjid. Namun pengurus masjid yang ia singgahi tidak mengizinkannya untuk istirahat di dalam masjid. Sang imam pun keluar dari masjid dan bermaksud beristirahat di teras masjid. Namun tidak lama, pengurus masjidpun kembali mengusirnya (aduh, beneran gak gaul bgt deh antum ga kenal siapa beliau–> gerutu dewi di abad 20).

Akhirnya sang Imam yang sholih itu pergi dari masjid. Konon dikisahkan kejadiannya malam hari. Di dalam perjalanan yang gulita, sang Imam melihat ada cahaya di kejauhan yang ternyata lampu milik seorang tukang roti. Sang imam pun singgah dan minta izin untuk beristirahat di tempatnya. Alhamdulillah tukang roti tersebut mempersilahkannya..

Ketika sang imam beristirahat, ia memperhatikan tukang roti yang masih mengadoni roti sambil tak hentinya berdzikir. Sang imampun penasaran dan bertanya. “Apakah kamu tidak lelah? bekerja sambil berdzikir?”. “Tidak”, jawab tukang roti.
Sang imam kembali bertanya, “sudah berapa lama kamu bekerja seperti ini, mengapa?”. Tukang roti menjawab, “Sudah sekitar 10 tahun” (sudah sangat lama intinya mah nya, kawan2..) “Saya melakukan ini karena Allah selalu mengabulkan semua harapan saya bahkan tanpa saya minta, namun ada harapan saya yang saya yakin akan segera dikabulkan Allah”
“Apa itu?” Tanya sang imam.
“Saya mohon kepada Allah agar kelak dapat dipertemukan dengan Imam Hambali” jawab tukang roti.
“Masya Allah, jadi dzikirmu yang membuat saya sampai di sini” Sang Imam terkesima.

Allah Maha Pengijabah setiap pinta.. Yang tak pernah membuat kecewa.. dan.. ada hikmah dibalik setiap peristiwa.

β€œSesungguhnya Allah Maha pemalu dan pemurah. Dia malu bila seorang lelaki mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu Dia mengembalikannya dalam keadaan kosong dan hampa.” (Shahih, HR. Abu Dawud no. 1488 dan At-Tirmidzi no. 3556 dan beliau mengatakan hasan gharib. Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

berdo’a… dipersilahkan…

masya allah, Ramadhan pula.. :’)

pustaka : -eykeh baru tau kisah ini, di suatu ba’da subuh, story told by FS, based on khutbah at masjid near his office-

Toko Bahan Kue Yoek’s

Beberapa komponen penting dalam baking adalah alat dan bahan. Layaknya skripsi saja, dua komponen ini selalu ada di Bab Metodologi.

Niat pasti ada, tapi kalo alat dan bahan ga ada bisa batal deh bikin cakenya. Dan ga dimulai2. Jadi, ada baiknya bagi yang ingin baking2 mulai menyisihkan uang untuk di tabung guna membeli alat dan bahan yang ga sedikit itu,..

Nah,untuk yang domisili di bogor pasti udah ga asing dengan Toko Yoek’s. Toko bahan kue yang cukup besar dan lengkap ini berlokasi di Jalan Gedong Sawah, di belakang Hotel Salak. Bisa masuk dari gang di samping Hotel Salak. Hotel Salak ini terletak di samping kantor walikota bogor dan di seberang istana bogor. Setelah masuk gang di samping Hotel Salak, belok kiri di belokan pertama. Jalan lurus sebentar dan Toko Yoek’s ada di samping kanan jalan.

Mulai dari loyang, bahan kue, piping bag sampe oven berbagai model ada di sini. Jangan lupa dicatat apa yang mau dibeli dari rumah, supaya waktu belanja efisien. Biasanya ibu2 kalo ga dicatat, yang ga perlu juga suka masuk keranjang..
Dan usahakan cari produk yang bersertifikasi “Halal”. Penting itu. Karena hampir semua produk bahan membuat kue sudah tersertifikasi Halal. oke! πŸ˜‰

Selamat berburu alat dan bahan baking. Upayakan jaga kehalalan bahan. Semangat! πŸ˜€

Ngebolang Ke Rumah Bu Fatmah Bahalwan (rute ke markas ncc)

Liburan hari yang entah ke berapa ini saya ke East Jekaardah (baca: Jakarte Timur). Tepatnya ke Jl. Matraman Dalam 3.
Kalo kawan2 gugling nama jalan itu maka gugel akan menampilkan banyak temuan. Dan bisa dipastikan kata “NCC” akan keluar. Hohoho..

Alhamdulillah.. Setelah berbulan2 ngubek2 jadwal kursus NCC akhirnya nemu jg jadwal yang pas. Dengan budget yang pas pula. Kekekekkk.. Teuteup yah.. Ekonomis.

Saya antusias sekali untuk datang ke Markas NCC, secara bakal ketemu sama tokoh wanita yg jadi sumber inspirasi banyak wanita. Bu Fatmah Bahalwan. Aaakkk.. (Ud cukup terlihat antusias kan? ^^)

Posting kali ini, saya sampaikan dulu rute ke markas NCC dari stasiun bogor.

– dari stasiun bogor, kawan2 naiklah Commuter Line (Rp 7000) atau ekonomi (Rp 2000) jurusan tenabang atau kota. Jangan yang ke Surabaya. Ga bakal ada juga soalnya. Heu..

– turun di Stasiun Manggarai.

– keluar stasiun, lihat kanan kiri. Di situ banyak bajaj. Kalo bisa pilih yang suara mesin bajajnya halus.. Coba aja minta abangnya masing2 starter bajajnya. Hihihi.. Bajaj 10ribu ya cyiin sekarang. Kalo ada yg berhasil bayar 5rb kasi tau ya.. πŸ™‚

– bilang ke abang tukang bajaj ke matraman dalam 3. Insya allah kalo si abang profesional dan berpengalaman dia pasti tau. Kalo ngga, berarti new commer kali ya.. Mungkin ga jadi Ceban juga krn diajak keliling dulu. Ada plusnya jg sih.. Tema ngebolangnya dapet banget (apa deh).

– duduk manis di bajaj dan perhatikan dengan teliti, kawan2 akan diajak menyusuri Jalan Tambak. Melewati Taman Amir Hamzah, belok kanan, belok kiri, lurus ada alfamart. Patokannya alfamart matraman dalam 3 aja deh ya.. Dari alfamart itu luruuuss aja.. Jangan belok kiri. Saya smpet nyasar jg krn belok kiri, jalannya mirip jalan utama siih. Hikss.. Untung ga telat. Nah, rumah bu Fatmah Bahalwan ada di kanan jalan.. Jadi kawan2 harus tengok ke mana? Ke kanan.. Pinter.. Ada plang NCC di rumahnya. Ga begitu besar plangnya, maka dari itu blg abang bajaj speednya dikurangin aja. Insya allah kawan2 akan turun pas banget di depan rumahnya.
Sampe deh… Masuk ya..Lewat pintu depan aja.. Kalo dari genteng takut dikira maling, ya kan..

Dan ini dia ibu jelita yang baik hati, idola para ibu2 tukang masak

Have a nice trip kawan.. Semoga bermanfaat πŸ™‚

bu fatmah lg nimbang adonan

bu fatmah lg nimbang adonan

Regards,
Dewi Ramdhania

1/2 resep cheese cake ncc

I’m addicted to bake lately. Tepatnya sejak libur tlah tiba hore hore..
Hampir setiap hari nyoba resepnya bu Fatmah Bahalwan yg konon jika mengikuti prosedurnya dengan baik dan seksama dalam tempo yang tidak singkat maka resep tersebut insya allah anti gagal. Alhamdulillah sy sudah membuktikannya πŸ˜€

Misalnya, kalo petunjuknya diminta gunakan minyak untuk menggoreng, kita ga boleh sesuka hati menggantinya dengan air. Walaupun dgn niat modifikasi. Hihi

Kemarin sy coba bikin cheese cake. Namun berhubung loyang di rumah ga nahan imutnya, sy pakai setengah resep dari yg asli. Kalo ini baru boleh di modif kawan. Itulah gunanya sekolah dasar (EsDe). Kita diajarkan perkalian dan pembagian sehingga Kita bisa gunakan ilmu tersebut untuk membagi ukuran resep menjadi setengahnya. Jangan lupa, setengah itu dibagi 2, bukan 7. Got it? Good.

1/2 resep Classic Cheese Cake NCC (based on 60 resep cakes and cookies anti gagal NCC):
– 100 gr gula Kastor
– 150 gr margarin/mentega
– 4 kuning telur
– 3 putih telur
– 125 gr tepung terigu segitiga biru
– 100 gr keju cheddar parut

How to make:
1. Kocok margarin hingga pucat dan mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil kocok terus sampai mengembang, kecilkan mikser, masukkan 75 gr keju cheddar, kocok rata, matikan mikser

2. Masukkan tepung terigu, aduk rata. (Kalo “aduk” berarti ga pake mikser lagi ya.. Gunakan spatula atau sendok kayu)

3. Kocok putih telur sampai kaku di tempat lain, lalu yg hasil kocokan yang berbusa2 itu di masukkan ke dalam adonan sambil diaduk.

4. Tuangkan adonan ke loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi sedikit tepung terigu. lalu taburi permukaannya dengan 1/4 bagian sisa keju.

5. Oven sekitar 45 menit atau sampai matang. Saya pakai suhu 180 C.

6. Angkat, dinginkan, potong dan sajikan..

Begini penampakannya kawan..

cheese cake ncc

cheese cake ncc

Kebetulan partner saya adalah seorang tester yang luar biasa jujurnya soal test food.. Sungguh. Partner saya bilang, cheese cake ini lezatt. Di bawa ke kantor jg ludes.. (Apa krn gratis n laper? Hiihi). Alhamdulillah.. Saya senang, semua senang. Cuma kantong partner saya yang kurang senang. Hoaha..

Jadi, rahasianya adalah, ikuti petunjuk di buku dengan seksama dan dlm tempo yg tidak singkat. ^^
hatur nuhun Bu Fatmah Bahalwan dan tim NCC.
Muahmuah..

Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Iffah

Image

Rihlah Al-Iffah

perkenalkan.. keluarga saya, banyak ya..

kami berkumpul di dalam sebuah bangunan yang banyak meninggalkan kerinduan dan sering membuat kami ingin kembali kesana.

foto ini adalah keluarga besar saya di “Ponpes Mahasiswi Al-Iffah“..

masih dengan visinya untuk membentuk sosok muslimah sholihah.

bapak di pojok kananlah yang mencetuskan misi tersebut. murobbi, ayah, leader dan ustadz kami dalam banyak hal. tidak pernah tidak, rindu sekali taujih beliau.

and we are a very good team. rapat sampai lewat tengah malam tetap saja menyenangkan (eh, iya ga sih?).

mau tau lebih banyak tentang Al-Iffah bisa jalan-jalan ke dua blog berikut:

1. blog al-iffah

2. blog mas’ulah al-iffah periode 2011-2012

no more words i can say but

I miss u all so bad ukht

as ustadz said “raga boleh berpisah tapi hati dan visi tetap bersama”

Image

-created by tania-

Notes :

Alamat Ponpes Mahasiswi Al-Iffah

Jalan Babakan Tengah, Darmaga, Bogo. 16680

(menyusul deh ya.. lupa euy.. hihi)

Kehidupan Anker Tak Kenal Kasta

Anker(anak kereta), bnyk jg yg menyebut mereka roker (rombongan kereta). Gelar bagi pejuang pencari rezeki yg menggunakan Kereta Api sbg sarana transportasinya. Tidak mengenal kasta. Maka wajarlah yang berpenghasilan belasan juta dengan pasrah berdiri menggelayut, sedangkan yg pendapatannya hanya ratusan ribu tertidur pulas di bangku. Jika sudah demikian, umumnya tak peduli kanan-kiri-depan (belakang tembok).
Kejam,selain tidak kenal kasta juga tidak kenal iba kawan. Bangku paling pojok khusus wanita hamil dan tua renta seringkali diisi oleh si gagah yang..pulas juga.


Ah, siapa cepat dia dapat. Itu rahasianya. Bukan kasta ternyata. πŸ™‚
Ya,tp kasihan jg mereka yg selalu mengawali perjalanan dr stasiun yg letaknya di tengah, jangankan membayang lelap, bernapas bebas saja sudah anugrah..
Tak adil bukan? Ya, itu sebabnya bnyk kereta yg d berangkatkan dari stasiun pertengahan itu. Depok misalnya. Agar keadilan dapat ditegakkan. Sekali lagi, adil. Dan penumpangpun sejahtera. Adil dan sejahtera itu selaras jika berdampingan. Sesuatu sekali kawan ^^


Demikian. Siapa cepat dia dapat, itu prinsipnya. Tapi sesekali berbagilah.. Sesekali saja ya. #eh..

Regards,
Dewi Ramdhania

SPAGHETTI BOLOGNAISE

Spaghetti bolognaise

Sajian mudah berikutnya adalah spaghetti bolognaise.
mudah karena semua bumbunya instant. heheh (kapan saya masak yang agak ribet yah)
so, let’s start!

bahan:
1/2 bungkus spaghetti (san remo / la fonte)*
1/2 kg daging cincang
minyak 1 sendok makan
1 liter air


bumbu:
1 buah bawang bombay
Saus spaghetti bolognaise (la fonte/del monte)*
Saus sambal ABC*
4 sendok makan margarine untuk menumis

how to make:
  1. rebus spaghetti sampai lunak dengan air yang dicampur dengan 1 sendok makan minyak agar tidak lengket.
  2. tumis bawang bombay dengan margarin sampai harum.
  3. masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna
  4. tambahkan saus spaghetti bolognaise dan saus sambal
  5. tata spaghetti di atas piring
  6. siram bumbu ke atas spaghetti
  7. spaghetti bolognaise siap disajikan.
PS: tambahkan parutan keju di atasnya biar lebih lezzaattt… nyam2, jd laper
Β Β Β Β Β  saya sebut merk yg pernah saya pakai dan sudah halal certified..