Alhamdulillah.. 6 April kemarin lahir buah hati saya yang pertama, perempuan, dengan proses persalinan normal.

pada postingan ini saya mau bagi2 info seputar proses persalinan di RS Hermina Bekasi. biasanya menjelang persalinan mommies rajin cari2 info RS, biaya, dll..
beberapa week menjelang hpl biasanya di Hermina ditawarkan untuk registrasi kamar. berikut list biaya persalinan di RS Hermina Bekasi tahun 2014

tarif hermina

Registrasi ini bukan sistem booking kamar, karena RS ga bisa jamin kamar yang kita pesan bisa kita tempati atau tidak saat melahirkan. tapi kita dpt beberapa keuntungan dengan registrasi ini yaitu:

1. Dapat informasi proses pendaftaran saat bersalin. Syarat2 yang dibutuhkan, biaya DP, dll. Ini sangat membantu calon ayah supaya ga bingung lagi saat hari H.

2. Mendapat prioritas untuk menempati kamar yang kita inginkan dgn catatan kamar tsb available. As i said, ga jamin kamar yg kita mau tersedia krn laju pasien yg datang dan pergi unpredictable.

3. Gratis 2x senam hamil hari senin dan kamis. Ini ga kepake sama saya. Secara Hermina Bekasi lumayan jaraknya kalo naik angkot dr rumah dan hari kerja pulak. Panas cyin siang2, ga ada yg antar sih intinya.. Hihi
Ohya.. Senam hamil penting untuk relaksasi dan latihan teknik pernapasan. Insya Allah bermanfaat saat bersalin. 😉

4. Free kursus pijit bayi.
5. Free kursus prenatal (menjelang persalinan)

Nmr 4&5 belum terlaksana. 😀

di Hermina Bekasi, ruangan persalinan ada di gedung lama (rawat inap). jadi klo mommies sudah ada tanda2 persalinan maka langsung aja masuk ke gedung lama, ke bagian pendaftaran. nanti mommies langsung di bawa ke ruangan bersalin yang ada di lantai 2 atau 3 ya saya lupa. nanti dipandu suster. disediakan kursi roda kalau sulit jalan.

Proses registrasi menyusul setelah mommies masuk ruangan. Nanti ayah yang urus registrasinya.

image

image

kamar bersalin

Itu poto ruangan bersalin yang isinya untuk 2 pasien. Jd 1 ruangan ada 2 tempat tidur seperti ini plus 1 toilet. Saya pikir ini hanya ruangan untuk “observasi”. Tapi ternyata sampai lahir si dede ya di ruangan ini. Entah ini ruangan untuk kelas berapa saja. Tp yg jelas saya wktu itu ambil kelas 3. Ekonomis bukaan… Alhamdulillah 😀

Tapi So far saya puas dengan fasilitas dan servicenya. Kenyang deuh pokona. Bidan dan suster jg baik2.. Hihihi.

Saya ga sempet poto2 kamar rawat inapnya. Udah susah jalan waktu itu. Hee..
Yang jelas kamar kelas 3 itu berisi 6 kamar tidur dan 1 toilet untuk digunakan bergantia.. Umpel-umpelan yah? Gpp lah cuma 3 hari.. Alhamdulillah saya ga menemukan kendala yang berarti kecuali masalah tempat bobo untuk yang jaga. Honestly sempit. Kalo pasyen mah enak dikasur ajah. Tp rezeki saya kemarin sebelah saya kosong ga ada pasien. Langsung aja tu ruangan sedumil kita jajah. Lega deh.. Maap yah buibu yang lain.. B-)

Di kelas 3 ini ada bbrp peraturan. Jam besuk yang ga bisa bebas spt di vip. Tapi sangat bermanfaat buat istirahat. Aturan lain yaitu ga boleh dijaga suami kalo malam. Karena 5 pasien lainnya perempuan smua. Khawatir risih kalo mau mimi’in debay. Karena Hermina sangat mendukung ASI eksklusif, so berlakulah sistem rooming in (debay sekamar sama ibu) sampai kelas 3 ini.

Total bersih biaya yang harus dikeluarkan sekitar 6,5 jt. Itu saya sudah include 1 kantong infus untuk induksi (dipasang saat mengejan di pembukaan 10 krn kontraksi ilang timbul waktu mengejan. Konon kata suami,1 kantong infus ini harganya 500ribu), imunisasi hepatitis dan polio (akhirnya imunisasi ^^), visit dokter dan obat2an.
kebetulan dapet spesialis anaknya dokter piprim. lumayan..

Sekian dulu moms, semoga bisa nambah referensi.. semangat yah moms!! :-*

Note: biaya mengalami kenaikan sekitar 7% setiap tahunnya. selamat menghitung dari tahun 2014 yang saya cantumkan. hihihi . tapi gugling ke web RS pun bisa sih sekarang mah..

😘